Cara kerja deposito

Dalam deposito bunga dibayarkan hanya pada akhir periode investasi.

Deposito, atau kita kenal juga sebagai tabungan berjangka, adalah ragam rekening tabungan atau investasi di bank yang menjanjikan pada investornya suku bunga tetap. Sebagai imbalan, investor sepakat untuk tidak menarik atau mengakses uangnya selama jangka waktu tertentu.

Cara kerja deposito

Dalam deposito, bunga dibayarkan hanya pada akhir periode investasi. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, di mana bunganya dihitung tiap hari dan biasanya dibayarkan pada Anda tiap akhir bulan. Karena jangka waktu dan suku bunga yang tetap itulah, Anda bisa dengan mudah menghitung jumlah bunga yang akan Anda terima pada akhir periode investasi deposito.

Bagaimana Cara Kerja Deposito?

Dalam deposito, salah satu karakteristik yang paling lazim: Uang tidak bisa ditarik selama jangka waktu tertentu.

Jangka deposito bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 2 tahun.

Ketika Anda berinvestasi dalam deposito, Anda biasanya memiliki pilihan tenor atau jangka waktu, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun.

Tiap jangka waktu disertai suku bunga yang telah ditentukan. Bank biasanya mencantumkan suku bunga deposito mereka dalam tabel yang mirip tabel berikut:

Cara kerja deposito

Artinya, kalau Anda memilih berinvestasi dalam deposito berjangka 3 bulan, Anda akan memperoleh suku bunga 3,05% per tahun pada saat jatuh tempo (akhir bulan ke-3).

Penasaran bank apa saja yang menawarkan suku bunga deposito tertinggi? Cek tabel perbandingan deposito kami.

Komentar

komentar